Dodola, Sepetak Surga di Timur Indonesia

Agar target kunjungan wisatawan tahun 2016 tercapai, pemerintah telah menetapkan 10 destinasi wisata unggulan yang akan menjadi prioritas promosi, salah satunya adalah Morotai.  

Pulau Morotai, sebuah pulau indah yang pernah berjaya pada masa perang dunia II sebagai basis kekuatan Jepang dan tentara sekutu. Letaknya yang strategis dibibir samudera pasifik sehingga pulau Morotai kini menjadi salah satu wilayah yang potensial untuk pengembangan ekonomi di kawasan timur Indonesia.

Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, yang masuk dalam Provinsi Maluku Utara, Indonesia Timur. Morotai adalah salah satu pulau terluar di Indonesia. Luasnya hanya 1.800 kilometer persegi, adapun jumlah pulau-pulau kecil di Morotai sebanyak 33 pulau dan yang berpenghuni hanya 7 pulau. Dan pulau yang paling besar adalah pulau Daruba  sekaligus sebagai ibu kota Kabupaten.

Pulau dengan populasi sekitar 53.000 jiwa, secara geografis berada di 128°07 52 - 128°2614" Bujur Timur (BT) dan 02°0432" - 02°16 36" Lintang Utara (LU). Sebelah Selatan Pulau Morotai berbatasan dengan Selat Morotai, sebelah Utara dan Timur berbatasan dengan samudera Pasifik dan Filipina dan sebelah Barat berbatasan dengan Laut Halmahera. Pulau ini memiliki beberapa pantai dengan pemandangan memukau didampingi oleh rahasia keindahan bawah laut yang menyimpan misteri.

Dari sekian banyak tempat menawan di Morotai, Pulau Dodola adalah salah satunya. Keindahan pantai di Pulau Dodola membuat banyak orang menyebutnya sebagai potongan surga dunia. Anggapan tersebut bukan isapan jempol semata. Hamparan pasir putih nan bersih yang membentang di sepanjang Pulau Dodola sangat mengasikkan untuk dinikmati. Pasir ini membentang di antara dua pulau, yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil.

Surga dunia ini siap menyambut kedatangan para wisatawan, ditambah lagi, berbagai fasilitas juga telah dibangun. Bahkan dikabarkan, pemerintah setempat akan membangun beragam penginapan yang memudahkan untuk menikmati surga dunia ini sepuasnya.

Para wisatwan dijamin tak akan kecewa setelah datang ke tempat ini. Keindahan alam, pasir putih nan bersih, dan pantai yang masih alami, menjadi tawaran yang siap untuk Anda nikmati. Jadi, tunggu apalagi, nikmati keindahan surga dunia bernama Pulau Dodola.

Lokasi Pulau Dodola termasuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara atau hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari Daruba, ibukota Kecamatan Morotai Selatan.

Akses termudah untuk menuju ke Pulau Dodola adalah dari Tobelo, sebuah kecamatan di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Di Tobelo telah tersedia kapal penumpang yang melayani rute Daruba-Morotai sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sesampainya di pelabuhan Daruba, Anda bisa menyewa perahu nelayan atau disebut ketinting.

Biaya sewa perahu sebesar Rp. 50.000,00 sekali jalan. Jika Anda ingin menikmati sensasi selama perjalanan ke Pulau Dodola, Anda disarankan untuk ikut serta dengan nelayan yang sedang melaut. Pengalaman mencari ikan di laut akan menambah kesan mengasikkan bagi Anda selama perjalanan ke Pulau Dodola.

Keistimewaan
Salah satu peninggalan perang dunia ke-2


Pulau Dodola memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan lokasi wisata alam pada umumnya. Anda akan menyaksikan sajian pasir putih yang membentang dan saling menghubungkan antara Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Pasir putih ini akan dapat Anda saksikan ketika air laut telah surut. Anda bisa berjalan di atas hamparan pasir, layaknya sebuah jalan yang membentang antara dua pulau nan eksotis ini.

Tempat wisata ini juga sangat sesuai bagi Anda yang menginginkan suasana nyaman dan tenang sebagai salah suatu solusi untuk menghilangkan kepenatan ketika menjalani rutinitas keseharian. Pulau Dodola menawarkan nuansa tersebut, bahkan kenyamanan tersebut semakin lengkap ketika Anda menyaksikan sunset. Cahaya jingga yang berpadu dengan bias air laut biru nan jernih menjadi pemandangan yang tak akan dapat Anda lupakan.

Pulau Dodola juga dikenal dengan keindahan pemandangan bawah airnya. Air laut yang biru dan jernih membuat pemandangan bawah laut terlihat sangat jelas keindahannya. Di tempat ini, Anda bisa melakukan diving dan snorkling dengan leluasa. Pemandangan yang tersaji sangat lengkap, mulai keindahan terumbu karang, beragam jenis ikan, hingga makhluk penghuni air lainnya. Bahkan, Anda juga bisa menikmati berbagai peninggalan masa lampau, yaitu peninggalan masa Perang Dunia ke II yang banyak terdapat di tempat ini.

Sedikitnya terdapat 13 spot penyelaman yang dapat digunakan untuk melihat peninggalan masa Perang Dunia ke II. Dari jumlah tersebut, 5 spot telah terdokumentasikan dan siap untuk Anda jelajahi. Kelimaspot tersebut adalah Wawama, Totodaku, Mira, Buhobuho, dan laut di antara Dodola dengan Kelerai. Dispot Wawama dan Totodaku Anda bisa melihat puing-puing pesawat sekutu dan jeep perang, di spot Mira terdapat kapal karam, sedangkan di Buhohubo dan dekat Dodola terdapat pesawat tempur.

Banyaknya peninggalan masa Perang Dunia ke II yang bisa Anda temukan di tempat ini karena Morotai pada masa lalu menjadi lokasi pendaratan pasukan sekutu yang dipimpin oleh Jenderal Douglas Mc Arthur ketika menginvasi Asia Pasifik sebagai upaya menghadapi Jepang. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke tempat ini, maka tak hanya dapat menikmati keindahan alam Pulau Dodola, namun sekaligus juga mengenal lebih jauh sekelumit kisah sejarah Perang Dunia ke II yang pernah terjadi di tempat ini. (dn)

0 Response to "Dodola, Sepetak Surga di Timur Indonesia"

Posting Komentar

Silahkan beri komentar