Menikmati Sensasi Ketenangan di Pulau Saronde

Liburan adalah saat yang tepat untuk mencapai ketenangan dari kebisingan rutinitas. Sensasi tersebut bisa dicapai dengan berlibur disebuah pulau yang indah dan eksostis.

Pulau Saronde merupakan sebuah pulau kecil yang terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau yang hanya memiliki luas mencapai 1 Kilometer ini dikelilingi oleh keindahan yang sangat mengagumkan yakni pasir putih, batu karang dan hamparan air laut biru indah yang tenang.

Seperti layaknya pulau-pulau lain di berbagai sudut Indonesia Saronde memiliki keindahan bawah laut yang sangat menawan, karena letaknya yang berada dalam gugusan pulau, sehingga keragaman kehidupan lautnya menjadi beragam dan tentunya mengagumkan.

Dengan kemahsyuran tempat ini pada masa lalu, membuat masyarakat sekitar juga sudah sangat terbuka dengan iklim wisata di mana anda akan banyak menemukan souvenir atau buah tangan yang bisa anda beli dan berikan untuk orang-orang terdekat.

Bersantai Di Saronde

Pulau ini dikenal sebagai lokasi yang tenang dan indah, beragam fasilitas juga sudah banyak tersedia, sehingga lokasi ini cukup tepat untuk dijadikan lokasi liburan dan wisata bagi anda beserta keluarga. Dari berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan, snorkeling dan diving tetap menjadi agenda utama yang sudah menjadi hal wajib dan bagian tidak terpisahkan dari wisata di Saronde. Keindahan taman bawah laut yang menyimpan beragam terumbu karang terasa sangat sulit jika hanya didengarkan melalui cerita saja, harus anda sendiri yang menyaksikan dan merasakan pengalaman itu sendiri.

Berperahu dan bersantai menjadi agenda lain ketika anda berwisata ke Pulau Saronde. Terletak di antara gugusan pulau indah lainya anda juga bisa mencoba pulau-pulau terdekat semacam Pulau Lampu dan beberapa pulau lainnya. Lelah berperahu dan mengunjungi pulau-pulau terdekat saatnya bersantai di pinggir pantai beralsakan pasir putih dengan konstelasi karang yang menjadi pemanis diantara deburan ombak laut yang tenang. Jangan lupa juga bagi anda yang hobi berbelanja dan mengumpulkan barang-barang selama perjalanan untuk mencoba melihat-lihat dan membeli beberapa souvenir yang dibuat oleh penduduk sekitar dengan memanfaatkan beberapa kerang laut yang diolah menjadi hiasan dinding, hiasan meja dan berbagai bentuk lainnya.

Yang menarik justru bagi anda yang ingin mencoba mengunjungi pulau ini secara backpaker dan ala petualang, sebab anda bisa mendirikan tenda di pinggir pantai dan merasakan pengalaman berkemah di sisi laut yang jernih dan indah. Jika memungkinkan, anda sebaiknya datang ketika ada festival yang dilangsungkan di Pulau Saronde, sebab beberapa kali Pulau Saronde ini digunakan sebagai venue bagi beberapa event yang digelar secara lokal maupun nasional, namun jika anda menginginkan ketenangan maka anda bisa berangkat kapan saja atau justru menghindari saat-saat festival tersebut dilangsungkan.

Akses Menuju Saronde

Akses yang harus anda tempuh menuju ke Pulau Saronde sebenarnya sangat mudah dan tidak menyulitkan, anda hanya perlu menggunakan 2 kali kendaraan, yakni mobil atau motor dari Gorontalo ke Kwandang, dan menggunakan perahu katingting dari dermaga Kwandang menuju ke Pulau Saronde. Berikut rute perjalanan yang bisa anda tempuh.

Berjarak sekitar 65 Kilometer dari pusat Kota Gorontalo anda hanya tinggal berkendara dengan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun 4 menuju ke dermaga Kwandang, dengan menempuh perjalanan hanya selama 1 jam saja. Apabila memilih kendaraan umum sebagai angkutan, tinggal pilih saja angkutan umum dengan rute perjalan dari gorontalo menuju Kwandang. Biaya yang dikeluarkan adalah sebesar 15 ribu, meskipun demikian disarankan untuk menggunakan angkutan pribadi atau sewaan untuk lebih mempermudah perjalanan anda.

Dari dermaga perjalanan anda berlanjut menuju ke Pulau Saronde dengan menggunakan perahu yang menjadi transportasi utama, oleh masyarakat sekitar dikenal dengan sebutan Katingting. Dengan hanya menempuh 1 jam perjalanan anda akan sampai ke sebuah lokasi indah bernama Pulau Saronde.

Tips Wisata Saronde

Jika anda berniat mencoba mengunjungi Pulau Saronde yang berada di Gorontalo, anda bisa mencoba beberapa tips berikut agar wisata yang anda lakukan akan terasa lebih optimal dan juga memberikan kesan serta pengalaman berbeda dari liburan anda sebelumnya.

Jika anda berniat mengunjungi Pulau Saronde, cobalah untuk berkunjung ketik ada event yang sedang berlangsung, namun jika memang anda mencari ketenangan dan kesunyian saat berlibur anda bisa memilih waktu-waktu biasa agar tujuan anda mendapatkan suasana liburan yang tenang dan damai bisa tercapai.

Cobalah untuk merasakan indahnya wisata Pulau saronde ini dengan mendirikan tenda di tepi pantai dan merasakan alam terbuka yang mengagumkan.

Cobalah untuk membeli beberapa kenang-kenangan berupa souvenir dari masyarakat sekitar, sebagai buah tangan bagi orang-orang terdekat anda nanti ketika pulang ke rumah. (DAM/dbs)

0 Response to "Menikmati Sensasi Ketenangan di Pulau Saronde"

Posting Komentar

Silahkan beri komentar