Di Indonesia, ketupat merupakan makanan yang identik dengan lebaran. Setiap kali merayakan hari raya Idul Fitri, pasti hampir disetiap rumah tersedia makanan yang satu ini. Makanan yang terbuat dari anyaman daun kelapa atau pun daun pandan yang diisi beras ini, memang terlihat sangatlah sederhana. Tapi, menjadi yang paling dicari saat hari yang fitrah tiba. Sebenarnya, bagaimana ya asal usul ketupat menjadi khas lebaran?
Makanan ini ternyata diperkenalkan saat Islam masuk ke tanah Jawa. Sunan Kalijaga orang yang diperkirakan memperkenalkan makanan ini kepada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda.
Sejatinya penggunaan ketupat merupakan salah satu stategi Sunan Kalijaga dalam penyebaran ajaran Islam di Jawa. Ketupat sendiri yang sebelumnya memang sudah familiar di kalangan masyarakat Jawa pada saat itu ke dalam tradisi perayaan Lebaran ketupat.
Lebaran ketupat sendiri diangkat dari tradisi pemujaan Dewi Sri, dewi pertanian dan kesuburan, yang juga merupakan dewi terpenting bagi masyarakat Jawa. Namun, meski demikian, Dewi Sri bukan lagi menjadi dewi padi dalam perayaan tersebut, tetapi hanya dijadikan lambang yang bermakna ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas nikmat dan karunia-Nya.
Ketupat sendiri bukan sekedar makanan khas namun memiliki filosofi. Ketupat atau kupat dalam bahasa Jawa adalah kependekatan dari ngaku lepat yang artinya mengakui kesalahan. Hal ini berarti seseorang yang menghidangkan ketupat di hari lebaran memiliki maksud untuk mengakui kesalahan mereka di masa lalu untuk meminta maaf kepada yang menikmati ketupat tersebut.
Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan dan penghormatan . Menurut para ahli, sebuah ketupat memiliki beberapa makna, yakni, antara lain;
Pertama, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat ini mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia. Setelah dibuka akhirnya akan terlihat nasi yang putih, yang mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah memohon ampunan dari segala kesalahan.
Kedua, dilihat dari bentuk ketupat ini mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri.
Ketiga, Sebagai symbol saling memaafkan karena kupat biasanya dihidangkan dengan lauk yang bersantan, maka dalam pantun Jawa pun ada yang bilang “Kupat santen”, Kula lepat nyuwun ngapunten (saya salah mohon maaf).
Keempat, penggunaan janur sebagai kemasan pun memiliki makna tersembunyi. Janur dalam bahasa Arab yang berasal dari kata “jaa a al-nur” bermakna “telah datang cahaya”. Sedangkan masyarakat Jawa mengartikan janur dengan “sejatine nur” (cahaya). Dalam arti lebih luas berarti keadaan suci manusia setelah mendapatkan pencerahan cahaya selama bulan Ramadhan.
Ketupat juga erat dengan tradisi Jawa menuju tanggal 1 syawal. Jadi ketupat atau kupat di sini dapat diartikan dengan “laku papat” atau empat tindakan. Laku papat itu adalah lebaran, luberan, leburan dan laburan.
Maksud dari keempat tindakan tersebut, adalah; pertama, lebaran, dari kata lebar yang berarti selesai. Ini dimaksudkan bahwa 1 Syawal adalah tanda selesainya menjalani puasa, maka tanggal itu biasa disebut dengan lebaran.
Lalu luberan, berarti melimpah, ibarat air dalam tempayan, isinya melimpah, sehingga tumpah ke bawah. Ini simbol yang memberikan pesan untuk memberikan sebagian hartanya kepada fakir miskin, yaitu sedekah dengan ikhlas seperti tumpahnya/lubernya air dari tempayan tersebut.
Kemudian leburan, maksudnya adalah bahwa semua kesalahan dapat lebur (habis) dan lepas serta dapat dimaafkan pada hari tersebut. Yang terakhir adalah laburan. Di Jawa, labur (kapur) adalah bahan untuk memutihkan dinding. Ini sebagai simbol yang memberikan pesan untuk senantiasa menjaga kebersihan diri lahir dan batin.
Jadi, setelah melaksanakan leburan (saling maaf memaafkan) dipesankan untuk menjaga sikap dan tindak yang baik, sehingga dapat mencerminkan budi pekerti yang baik pula. Begitulah asal mula ketupat jadi simbol lebaran.
Di negara-negara lain, ketupat bukanlah menjadi ciri khas lebaran mereka. Setiap negara ternyata memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Salah satunya di Mesir. Bila di Indonesia identik dengan ketupat, nah, di Mesir makanan khasnya adalah ranja. Yakni makanan yang terbuat dari ikan asin dan asinan sejenis acar. (dbs)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Response to "Ketupat, Simbol Kemenangan Masyarakat Jawa"
Posting Komentar
Silahkan beri komentar