19 September 2017

Weekuri , Surga di Tepian Samudera Hindia



Laguna ini terbentuk oleh air laut yang menerobos karang kokoh yang membentengi lagunai, hantaman ombak samuder Hindia yang berlangsung juta tahun lamanya menciptakan kolam atau laguna yang oleh penduduk Lokal disebut dengan “WeeKuri”.

Eksotisme laguna ini terlihat dari jernih dan warna biru tosca airnya.  Saking jernihnya, seluruh isi dari laguna ini terlihat semua. Tampak dasar laguna yang putih oleh pasir yang sangat halus. Disisi lain, karang-karang membentuk landscape laguna semakin kontras dan harmoni. Apalagi diantara sela-sela karang ada ikan yang berwarna-warni asik bermain.

Dibeberapa sisi laguna akan nampak terlihat gradasi warna yang berbeda. Dari birunya air, putihnya pasir yang terkena cahaya matahari dan dipadu dengan kontrasnya hijau pepohonan semakin menambah pesona laguna ini. Pada sisi luar laguna tampak batu karang kokoh yang membentengi dinding laguna. Batu karang tersebut secara alami menciptakan pesona keindahan yang memesona mata di kesunyian tepian Samudera Hindia.

Selama perjalanan menuju Laguna Weekuri pengunjung tidak akan melihat rumah ataupun pemukiman penduduk, namun pengunjung akan disuguhi semak dan rerumputan di kanan dan kiri jalan. Kondisi perjalanan seperti itu seakan seperti sebuah treasure (pencarian) untuk mendapatakan harta karun.

Ungkapan pertama yang akan muncul saat melihat laguna ini adalah decak kagum. Eksotisme laguna weekuri dipancarkan oleh teduhnya air yang membiru indah yang membuat mata terasa santai. Airnya yang jernih dengan dasar yang diselimuti pasir putih yang halus membuat rasa untuk segera terjun menikmati sejuknya air, berenang, dan bermain dalam laguna. Apalagi laguna ini tersembunyi dan sepi sehinga serasa berenang di kolam pribadi.

Disudut lain Laguna Weekuri, pengunjung juga dapat menemukan beberapa penjual aksesoris khas yang merupakan hasil kerajinan tangan berupa kalung, gelang, ukiran, kain dan pernak-pernik lain hasil kreasi masyarakat lokal disekitar Laguna Weekuri itu.

Laguna ini tidak hanya menjadi destinasi favorit oleh turis manca negara yang berkunjung ke Pulau Sumba.  pengunjung lokal pun sering menjadikan spot wisata ini sebagai destinasi pilihan berlibur bersama keluarga diakhir pekan. Bagi para pencinta traveller, tidak akan lengkap rasanya jika datang ke Sumba dan tidak mengunjungi spot indah Laguna Weekuri.

Akses Menuju Lokasi 

Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Laguna Weekuri mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan belakangan ini. Laguna Weekuri yang berwarna hijau kebiru-biruan ini merupakan laguna yang sangatlunik jika dibandingkan dengan laguna-laguna pada umumnya di Indonesia karena kandungan airnya yang asin dan payau.

Akses menunju weekuri  relative sulit dijangkau namun akan sebanding dengan sensasi yang didapat ketika tiba di Weekuri. Relatif sulit karena belum tersedia angkutan umum maupun petunjuk jalan menuju weekuri. Bagi wisatawan yang ingin ke weekuri disarankan sering-sering bertanya dengan penduduk setempat agar tidak kesasar.

Untuk menuju ke Weekuri bisa dari Waikabubak (ibukota Kabupaten Sumba Barat) atau Tambolaka (ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya).  Karena belum tersediannya angkutan umum menuju ke Weekuri pengunjung dapat terlebih dahulu menyewa kendaraan bermotor baik motor/mobil di. Untuk biaya sewa mobil berkisar mulai dari 500.000-600.000 rupiah sudah berserta dengan drivernya dan untuk biaya sewa motor yaitu sekitar 100.000-150.000 rupiah per harinya.

Kondisi jalan menuju ke weekuri bervariatif, beberapa titik sudah beraspal halus namun ada sebagian titik yang masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan tanah. Kawasan Laguba weekuri ditandai dengan adanya pos penjaga. Ada beberapa penduduk lokal setempat yang menjaga pos tersebut dan pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seikhlasnya saja untuk menikmati laguna indah ini. Selanjutnya dari pos jaga tersebut, pengunjung masih harus berjalan sekitar 20 meter untuk menuju laguna.

Selain dapat menikmati keindahan laguna Weekuri dengan bermain air ataupun berenang, pengunjung juga dapat menikmati dan menjelajahi keindahannya dari ketinggian. Hanya perlu berjalan kaki menyusuri jalan setapak ke arah barat mengikuti bunyi deru ombak, pengunjung dapat menaiki bukit karang yang menjorok ke lautan lepas. Ketika meniti bebatuan karang ini, pengunjung harus ekstra berhati-hati karena bebatuan karang ini sangat lancip dan tajam.

Di atas puncak bukit karang, pengunjung akan merasakan sensasi berbeda. Jauh lebih indah jika menikmati panorama keindahan laguna Weekuri dari atas bukit karang ini. Lautan biru dengan ombaknya yang menghantam gugusan karang yang mengelilingi laguna akan membuat pengunjung berdecak kagum. Laguna Weekuri pun terlihat seperti kolam biru apabila dilihat dari ketinggian.
Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Weekuri adalah jam 4 sore hari. Pada sore hari matahari mulai condong ke barat sehingga langitnya yang biru akan memantulkan cahaya ke danau, selain itu juga pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam dari atas puncak bukit karang ini.

Tak ada fasilitas penunjang apapapun di kawasan danau seperti warung makan, toilet atau bahkan penginapan. Sebaiknya pengunjung berbekal makanan dan minuman ringan sebelumnya, sehingga dapat disantap sambil menikmati keindahan Laguna Weekuri. (DAM/dbs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar